Tips 25 Cara Memperbanyak ASI (Bagian 3)

Seperti dijelaskan pada postingan sebelumnya bahwa pada faktor terakhir ini, hal yang paling bayak berperan dalam proses produksi ASI adalah hubungan bunda dan suami, berikut penjelasannya

19. penelitian terbaru menyatakan bahwa 80% kegagalan dalam ASI eksklusif selama 6 bulan pertama adalah disebabkan faktor psikologis ibu menyusui. Ketika bunda punya pandangan dan pikiran terbersit yang meragukan jumlah produksi ASI eksklusif, pada saat yang sama ratusan sensor dalam otak akan berjalan memerintahkan hormon oksotosin yang erperan dalam pabrik ASI untuk melambatkan produksi yang akibatnya adalah menurunnya produksi ASI. Carilah tempat yang tenang untuk menyusui, bangun komunikasi yang hangat ketika menyusui, pandangi wajah bayi dengan seksama dan lihat betapa lucunya. Jangan lupa juga ada peran ayah yang besar dalam hal ini, dukungan dan tindakan ayah dalam menyemangati bunda untuk terus memberkan ASI eksklusif kepada buah hati menjadi faktor prnting dalam memberi kenyamanan pikiran sang bunda dalam menyusui.

20. tingkatkan kembali keintiman bunda dengan suami. Setelah 40 hari atau selepas nifas, bunda sudah boleh melakukan hubungan badan untuk meningkatkan keharmonisan dengan suami. Keluarnya lokia atau darah dari vagina selama masa nifas yang menandakan adanya pemulihan rahim, hall ini dapat berlangsung 3-8 minggu. Setelah masa ini selesai, nikmati kedekatan Anda berdua saat si kecil sudah tidur, karena hormon oksitosin yang ditimbulkan akan membantu meningkatkan produksi ASI anda. Kosongkan dulu payudara Anda dengan memompa ASI didalamnya. Meskipun menyusui adalah KB alami, persentase pencegahan kehamilannya belum teruji 100%, maka apabila anda belum berencana memberi adik kepada si kecil alangkah baiknya anda memakai KB non hormonal.

21. perbanyak istirahat. Manfaatkan waktu ketika si kecil sedang tidur untuk turut serta beristirahat dengan tenang, kalau perlu juga ikut tidur sehingga ketika si kecil bangun anda sudah dalam keadaan fresh. Peran suami juga pentin dalam hal ini untuk membantu meringankan pekerjaan istri sehingga tenaga istri tidak terkuras banyak untuk mengurusi hal-hal lain yang dapat dipegang suami.

22. Konsumsi menu yang sehat dan bergizi.
Jangan pernah sekalipun berpikir untuk diet atau menurunkan berat badan selepas melahirkan, karena justru kecantikan bunda akan lebih terpancar manakala sedang menyusui si kecil. Jangan lupa perbanyak sayur, buah, gandum dan susu.

23. jangan pernah sekalipun tergoda memberikan susu formula
Selain kandungan gula yang berlebih dalam susu formula yang dampaknya hanya dapat dilihat dalam jangka panjang, pemberian susu formula dengan dot juga dapat menyebabkan si kecil merasakan sindrom bingung puting. Selain itu pemberian susu formula pada si kecil yang disebabkan ketakutan akan kurangnya asupan ASI dari bunda sendiri  juga menyebabkan si kecil merasa kekenyangan sehingga kurang mau menyusui ASI kembali yang dampaknya produksi ASI juga lama kelamaan berkurang bahkan kering.

24. jangan sekalipun mengkonsumsi obat-obat kimia jika anda hanya terserang penyakit ringan. Hindari penggunaan obat kimia berlebih, selalu gunakan ramuan herbal yang praktis tanpa efek samping serta cukupkan waktu istirahat sehingga penyakit ringan dapat segera teratasi.

25. Konsumsi bahan alami untuk meningkatkan produksi ASI seperti: Fenugreek, Fennel Seed atau Blessed Thistle.  Fenugreek merupakan tanaman herbal yang berasal dari daerah Mediterania. Fenugreek digunakan di seluruh dunia telah digunakan oleh perempuan selama berabad-abad sebagai “galactagogue”. Fenugreek mengandung diosgenin, sebuah estrogen nabati, yang telah terbukti untuk meningkatkan aliran susu pada wanita menyusui untuk membantu mendukung produksi ASI.
Ibu yang sedang menyusui dapat melihat peningkatan produksi ASI-nya dalam 2-3 hari pertama setelah menkonsumsi fenugreek ini, dengan efektivitas penuh dicapai dalam waktu 2 minggu. Penggunaan jangka panjang dapat untuk membantu mempertahankan produksi ASI.

Itulah langkah-langkah yang dapat bunda tempuh dalam meningkatkan produksi ASI, titik tekan dalam pemberian ASI adalah berilah si kecil dengan asupan yang terbaik. Pilihan untuk memberikan ASI ekskusif selama 6 bulan pertama diteruskan dengan asupan sayur dan buah tanpa campuran susu formula menjadi hal yang wajib diberikan kepada buah hati agar buah hati anda sehat dan bugar lebih lama. Ingat bahwa anak anda adalah asset yang tidak dapat tergantikan dengan apapun dan harga berapapun di dunia ini, maka jagalah dengan baik-baik.

Comments

Popular posts from this blog

Belum Lahir Padahal Sudah HPL? Ini Solusiya

Benarkah Bayi Dalam Kandungan Dapat Mendengar dan Mengingat Suara?

Terungkap!!! Tips Meningkatkan Kesuburan Terbaik..