Belum Lahir Padahal Sudah HPL? Ini Solusiya

Sudah HPL Tapi Belum Lahir - Banyak sekali bunda yang panik karena usia kehamilannya sudah melewati HPL namun belum ada tanda persalinan. Istilah ini disebut (Serotinus). Lalu apa itu seronitus dan penjelasannya. Silahkan disimak.

Mengapa Kasus serotinus semakin hari semakin banyak terjadi?

Apa memang karena faktor makanan? Atau karena factor fisik ibu-ibu “jaman sekarang” yang cenderung “gak mau gerak” ? Karena kalau kita menengok kebelakang nenek kita dulu jarang sekali ada kasus seperti ini, karena mereka luar biasa olahraganya. Pagi hari udah jalan kaki naek bukit, 1 km ke pasar, ngepel dan lain-lain. Sedangkan jaman sekarang? Jalan 300 m aja pake mobil / motor
Mau pergi agak jauh dikit dianterin suruh duduk manis aja.
Mau mindah channel TV saja pakai remote tidak mau beranjak dari tempat duduknya.
Fasilitas –fasilitas yang ada kadang terlalu memanjakan fisik kita akhirnya berefek pada:
- Posisi janin yang tak bisa optimal
- Proses pematangan serviks yang lebih lama
Beberapa ahli kesehatan mengatakan bahwa HPL bukan harga mati bunda. Umur kehamilan itu bisa antara 38 s.d 42 minggu. Coba kita analisa dari cara menghitung HPL saja. Dunia kedokteran sampai saat ini belum bisa menentukan kapan hari, tanggal, dan jam terjadinya konsepsi pada tiap wanita dengan hitungan sesuai siklus mereka. Makanya akhirnya di buat rumus dimana sebenarnya rumus ini lebih berlaku pada ibu dengan siklus teratur 28 hr.

Rumusnya adalah Hari pertama Mens Terahir :
Harinya di tambah 7
Bulannya di kurangi 3
Tahunnya di tambah 1
Nah baru ketemu hari, tanggal bulan HPL.
Tapi kalau hari pertama haid terakhir padahal gak mungkin kan hari pertama haid terakhir itu dianggap hamil?
Tetapi kita juga belum bisa menentukan masa subur dan kapan tepatnya konsepsi jadi diambil yang paling mudah. Dan maka dari itu hari-nya di tambah 7. Nah dari sini bisa di analisa bahwa sebenarnya HPL itu sangat bisa mundur bunda. Dari penelitian kebanyakan mundur 2 minggu atau malah maju 2 minggu, makanya di buat rata-rata 38 s.d 42 minggu.

Namun, bagi ibu hamil pasti rasa kuatirnya tinggi. Takut nanti kalau begini, takut nanti kalau begitu padahal pada dasarnya 90% ketakutan itu belum tentu terjadi. Bahkan kalau keseringan takut ini bahaya karena bisa jadi affirmasi negative bunda. Banyak ibu yang khawatir ketika si dokter bilang kalau air ketuban sudah berkurang. Hal ini wajar karena si bayi tambah besar, dan pasti ada penurunan kadar air ketuban. Tetapi kalau Bunda minum banyak, hindari stress, amati gerakan janin ya semuanya akan baik-baik saja.

Ingat, bayi punya waktunya sendiri untuk lahir. Mungkin secara fisik dia udah siap lahir namun secara mental dan spiritual, Belum tentu bunda. Makanya ketika bayi sudah siap body mind soulnya, dia akan kirimkan sebuah enzim yang akan dikirimkan ketubuh si ibu sehingga tubuh si ibu merespon lalu si hipotalamusnya ibu langsung ngeluarin oksitosin yang berakibat kontraksi dan lain sebagainya bunda.

Beberapa bunda memilih jalan induksi medis yang beresiko bagi bunda dan janin. Induksi boleh saja, bukannya menentang, tetapi harus dengan indikasi yang benar-benar BENAR! Artinya harus dengan indikasi medis yang jelas. Dan keputusan intervensi apapun harusnya tidak diputuskan hanya oleh 1 dokter saja tapi bisa 2 bahkan 3 dokter itu sudah etika kedokterannya begitu bunda sebenarnya.

Mari kita renungkan bersama…
Kalau bisa diupayakan sejak awal dengan siapkan fisik, mental, dan spiritual tentunya tidak akan terjadi seperti itu. Kalau sudah terlanjur lewat HPL upayakan yang alami dulu. Coba cek lalu lakukan dengan niat yang kuat. NIAT, UPAYA dan DOA.

Jangan terlalu “pasrah” saja kepada tehnologi medis bunda atau langsung cemas, khawatir, stres. Semua perasaan itu tidak ada gunanya. tidak akan membantu namun justru memperburuk keadaan bunda. Karena ketika seseorang stres, maka otak akan mengeluarkan hormon adrenalin dan katekolamin dan ini membuat semua otot di rahim dan sekitarnya lebih tegang, hormon ini juga menyebabkan hormon oksitosin menurun (oksitosin adalah hormon yang memicu kontraksi) selain itu membuat jantung bayi berdebar lebih kencang dan itu sangat tidak nyaman bagi bayi Anda.

Jika Bunda ingin bersalin lancar, aman dan nyaman upayakan sejak sekarang. Jika tak ingin di induksi atau di operasi upayakan sedini mungkin bahkan upayakan sejak ingin merencanakan kehamilan.
1.Kenali Tubuh Anda
2.Ketahui Proses Persalinan dengan benar
3.Siapkan Fisik Anda
4.Siapkan Mental dan Spiritual
5.Kenali Hypno-birthing dan lakukan Reprogramming
6.Healing Birth Trauma
7.Latihan Nafas
8.Disiplin  Berlatih Tehnik Relaksasi dalam Persalinan

Dengan demikian sudah bisa di pastikan proses persalinan Anda akan berjalan dengan lancar dan nyaman.

Comments

  1. Terima kasih infonya, semoga bermanfaat....jadi bs berpikir agak tenang

    ReplyDelete
  2. istriku sekrang lg nunggu persalinannya, sudah lewat 5 hari dr HPL sy sebagai suami ikut deg2annnn deghhh stress

    ReplyDelete
  3. Istri saya bsk hplnya dan diberi dokter waktu tambahan 1 minggu jika blm mau keluar debaynya.. malah saya yg deg2an krn yg pertama lebih cepat 2 minggu..trm ksh infonya

    ReplyDelete
  4. Istri saya bsk hplnya dan diberi dokter waktu tambahan 1 minggu jika blm mau keluar debaynya.. malah saya yg deg2an krn yg pertama lebih cepat 2 minggu..trm ksh infonya

    ReplyDelete
  5. Istri saya juga ini, hpl tgl 30 juli sampai tgl 1 agustus belum juga ada tanda2...semoga semuanya baik2 saja, amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya HPL juga 30juli tp belum ada tanda2 juga skrg. Bismillah tetep yakin optimis dan berdoa

      Delete
  6. Trimakasih bunda jadi tenang dah baca ini.. Saya sbntr lagi hplnya bun tapi blm ada tanda2 juga.. Pdhal tgl 18 besok

    ReplyDelete

  7. Terimakasih infonya bunda .
    Saya hpl tgl 24 agustus tapi sampe skrg blm ada tanda" .
    Tapi semoga semuanya lancar

    ReplyDelete
  8. Kurang dari 13 hari lg HPL sy...tpi blm ada tanda2...smoga sy diberi kelancaran n kmudahan.Amin..

    ReplyDelete
  9. Kurang dari 13 hari lg HPL sy...tpi blm ada tanda2...smoga sy diberi kelancaran n kmudahan.Amin..

    ReplyDelete
  10. Saya HPL USG 16/9/2017, klo HPL siklus 28/9/2017..,sekrg posisi kepala bayi sdh dipinggul, sdh kencang2 ,nunggu kontraksi.. Tpi juga deg2an.. Semoga Allah permudah n disehatkan bayi n ibu

    ReplyDelete
  11. Terimakasih info ya, HPL saya 21 september tp udah deg2n dari sekarang.. Blm ada tanda2 lahir padahal udh gak sabar lihat dd baby

    ReplyDelete
  12. Saya hamil skrg dan HPL nya (19-20 september 2017) tapi sampai hari ini tgl 19/9/2017 blim ada tanda^ .. semoga diberi kelancaran, sehat & selamat kami ber 2.. lega baca artikel ini,tq

    ReplyDelete
  13. Saya hamil skrg dan HPL nya (19-20 september 2017) tapi sampai hari ini tgl 19/9/2017 blim ada tanda^ .. semoga diberi kelancaran, sehat & selamat kami ber 2.. lega baca artikel ini,tq

    ReplyDelete
  14. saat ini perasaat saya ga menentu..istri HPL bidan tgl 2 Nov 17, sedangkan HPL USG tgl 26 Okt 17.
    tapi smp saat ini belum ada tanda2 kontraksi .. akhirnya dikasih tambahan waktu 1 minggu..kalau belum lahir juga keputusannya harus Sesar... istri padahal ga mau lahir sesar.. akhirnya sy dengan istri sepakat nunggu smp tgl 2... lancarkan/mudahkanlah persalinannya Ya Allah

    ReplyDelete
  15. Terima ksih infonya bunda..jadi agak tenang baca artikelnya.

    ReplyDelete
  16. Ini hpl saya ..tp kok debay blm ada tanda2 mau lahir

    ReplyDelete
  17. Ini hpl saya ..tp kok debay blm ada tanda2 mau lahir

    ReplyDelete
  18. Saat Ini Istri Saya Sudah 2 Hari Melewati HPL...Tp Belum Ada Tanda2 Debay Mau lahir..Saya Jadi Ikut Cemas dan khawatir. Tp Semua saya serahkan kepada allah swt semoga dilancarkan proses persalinan istri saya.

    ReplyDelete
  19. HpL istri sy hari ini tapi belom ad tanda2 ... sedikit stres saya takut kenapa2

    ReplyDelete
  20. HPL bidan 22 des 2017, hpl Usg 30des 2017 tapi sampai sekarang belum juga ada kontraksi atau apa.
    padahal posisi Baby udh masuk panggul. Yang saya bingung kenapa gerakan Baby skrg jd tidak terlalu aktif ya??
    Yang taau tolong jawab.

    ReplyDelete
  21. Semoga persalinan istri saya normal dan lancar juga ..aamiin ya ALLAH...

    ReplyDelete
  22. Hpl saya udah lewat 4 hari .. Mudah"n saya bisa secepatnya melahirkan dengan lancar.. Amin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sudah lahiran kah bunda,,sy lewat 8 hari belum ada tanda2

      Delete
  23. Semoga semua yg komen ini yg sudah trlewat hpl dimudahkan bersalinya semoga ddeknya sehat dan semoga saya juga begitu,, hpl tgl 26 juli ini tgl 30juli blum ad kontraksi apa2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Saya hpl 27 juli sampai sekarang belum ada tanda2

      Delete
    2. Aamiin. Saya hpl tanggal 26 September tapi sampai sekarang blm ada tanda2. Semoga ga sesar 😭

      Delete
    3. Aamiin yarobalalamin, mudahkanlah lancarkanlah ya Allah, segera melahirkan

      Delete
  24. Pembahasan nya menenangkan banget, makasih

    ReplyDelete
  25. Hpl saya tanggal 29 september sampai sekarang tanggal 3belum merasakan kontraksi... Semoga segera lahiran sehat selamat normal semua nya Aamiin Aamiin Allahumma Aamiin

    ReplyDelete
  26. Hpl saya tanggal 29 september sampai sekarang tanggal 3belum merasakan kontraksi... Semoga segera lahiran sehat selamat normal semua nya Aamiin Aamiin Allahumma Aamiin

    ReplyDelete
  27. Saya blm lewat hpl
    Udah khawatir gmn yg udah lewat
    Mana blm ada kontraksi

    ReplyDelete
  28. Hpl bidan tgl 12 okt n hpl usg tgl 15, smlm priksa ke bidan ktnya kpla dah masuk panggul, tp sy jg cemas knp lum ada tanda kontraksi, Ya Alloh semoga di beri kelancaran n ksehatan, Aamiiiin

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hari ini HPL saya, tp blm ada tanda2 sama sekali.
      Pdhl dr seminggu yg lalu orang2 udh pada nanyain trs & posisi janin sudah bagus.

      Delete
  29. Galau banget udah hpl blom ngerasain apa2

    ReplyDelete
  30. hpl usg pertma 11 november usg kedua tgl 9,hpl bidan tgl 19 tpi ampek sekrng blum ada tanda2 sama skli tpi janin aktif trus

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular posts from this blog

Benarkah Bayi Dalam Kandungan Dapat Mendengar dan Mengingat Suara?

Terungkap!!! Tips Meningkatkan Kesuburan Terbaik..