Amankah Makanan Bersantan bagi Ibu Hamil?

Lebaran, Arisan, perjamuan keluarga atau pesta ulang tahun sangat identik dengan hidangan lezat penuh santan. Ada opor ayam, sambal goreng hati, rendang dan sebagainya. Makanan jenis ini memang enak dan menggoda lidah untuk mencicipinya. Tetapi, jenis makanan minim sayur, banyak santan dan pedas. Bagi yang sedang hamil, patut mewaspadai jenis makanan ini.

Santan diyakini kurang baik bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan iritasi lambung. Jadi, sebaiknya Anda batasi konsumsi jenis makanan yang mengandung santan. Hindari pula makanan yang banyak mengandung gula serta lemak, sebab bisa jadi mengakibatkan mual dan muntah, dan besar kemungkinan menambah berat badan berlebih.

Bila Anda sedang bertamu ke beberapa tempat dan “dipaksa” tuan rumah mencoba makanan, berikut beberapa cara jitu agar Anda tetap sehat.
  • Cicipi makan namun dalam jumlah sedikit saja, sehingga tuan rumah tetap merasa dihormati. Makanlah opor ayam sedikit dan ambil bagian daging yang tidak berlemak.
  • Batasi kue-kue. Bila ada beberapa jenis kue kering, ambil maksimal 3 jenis dengah jumlah masing-masing 1 buah. Dengan cara ini asupan kalori Anda akan lebih terkendali. 
  • Pilih buah-buahan dan kalau ada menu sayuran segar, seperti gado-gado, salad sayur dan buah. Selain segar, buat Anda yang hamil muda, menu ini bisa menghilangkan mual dan rasa kurang enak.
  • Pilihlah air putih ketimbang minuman sirop atau bersoda. Dengan demikian, semangat makan makanan berlemak pun jadi berkurang.
  • Bila perlu, atau khawatir tak bisa memenuhi kecukupan gizi, Anda bisa membawa makanan dari rumah yang dimasak sendiri. Ini bisa menghindarkan Anda dari “kelaparan“ jika di tempat bersilaturahmi tidak ada makanan yang cocok untuk Anda. 

Comments

Popular posts from this blog

Belum Lahir Padahal Sudah HPL? Ini Solusiya

Benarkah Bayi Dalam Kandungan Dapat Mendengar dan Mengingat Suara?

Terungkap!!! Tips Meningkatkan Kesuburan Terbaik..