KB untuk Para Suami

KB untuk Suami - Proses perencanaan keluarga memang akan berhubungan dengan pilihan mekanisme pemakaian alat kontrasepsi baik untuk istri maupun suami.

Dalam perencanaan keluarga salah satunya adalah bagaimana merencanakan anak, kehamilan dan kelahiran, dalam beberapa kasus perencanaan ini yang kita kenal dengan istilah KB seringnya hanya berfokus pada istri, padahal KB juga dapat dilakukan oleh pihak suami.

Di bawah ini bebeapa jenis KB untuk laki-laki ada berbagai macam dengan karakteristik, yaitu:

Abstineusia: Metode KB dengan menghindari sex di saat istri/ wanita sedang masa subur. Hal ini perlu pengetahuan dan emosi yang baik.

Kondom: Metode KB ini adalah dengan melakukan pembatasan fisik dari Sperma yang dikeluarkan suami.

Withdrawal: Metode KB dengan pengeluaran sperma di luar liang senggama.

Pil KB Pria: Terbagi 2 jenis; a) Hormonal b) Non hormonal di mana Metode KB dengan menurunkan jumlah atau kualitas sperma tetapi bersifat reversible (sementara). Metode KB ini masih dalam riset/ belum tersedia.

Vasektomi: Metode KB dengan menyumbat atau memutuskan saluran sperma sehingga tidak dapat keluar. Hanya air mani saja yang keluar.

Semua metode KB ini punya kelebihan dan kekurangan masing–masing. Tidak ada satu pun metode KB yang lebih superior dibanding metode KB lainnya baik untuk wanita atau pria. Oleh karena itu, konsultasilah dengan dokter kandungan ibu mendapatkan metode KB yang paling cocok.

Comments

Popular posts from this blog

Belum Lahir Padahal Sudah HPL? Ini Solusiya

Benarkah Bayi Dalam Kandungan Dapat Mendengar dan Mengingat Suara?

Terungkap!!! Tips Meningkatkan Kesuburan Terbaik..